BAKPIA DAY 2022, REBUTAN GUNUNGAN BAKPIA

NGAMPILAN - Bakpia Day 2022 kembali digelar oleh Komunitas Pengusaha Bakpia Kota Yogyakarta bersama masyarakat Ngampilan, Sabtu (22/10/2022).

Pada tahun ini, Bakpia Day mengusung tema ‘Manunggal Jati Cakra Manggiling’. Manunggal Jati sebagai bentuk bersatunya Jawa dengan Tionghoa dan Cakra Manggiling diartikan sebuah roda yang berputar untuk membawa perubahan.

 
Di mana menurut pihak penyelenggara, Bakpia Day pada dasarnya untuk semakin menguatkan branding dari Kelurahan Ngampilan sebagai kawasan pusat oleh-oleh Kota Gudeg dan tentu saja, kue bakpia bisa Anda temukan di kawasan ini.

Ketua Panitia Bakpia Day 2022, Kusmantoro mengatakan gelaran tersebut bertujuan untuk lebih memperkenalkan keberadaan kawasan pusat oleh-oleh khas Kota Yogyakarta yang berada di Kelurahan Ngampilan.

Sementara itu, Bakpia Day 2022 ini mengirab empat gunungan mengelilingi Kelurahan Ngampilan. Kirab melewati beberapa ruas jalan, diawali dari bekas pabrik Tegel Kunci yang berada di Jalan KS Tubun menuju Jalan Letjen Suprapto, simpang empat Parkir Ngabean, Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Bhayangkara dan berakhir di Jalan KS Tubun. Empat gunungan bakpia yang terdiri dari Gunungan Lanang, Gunungan Wadon dan dua gunungan anak. Total bakpia yang digunakan untuk membuat gunungan sekitar 15.000 buah. Seluruh bakpia yang digunakan untuk membuat gunungan merupakan produk bakpia dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bakpia yang ada di wilayah tersebut.

Selama kirab juga ditampilkan berbagai potensi seni dan budaya masyarakat setempat seperti bregada rakyat yang memakai atribut prajurit Keraton Yogyakarta, perajin bakpia yang membawa produknya masing-masing, seni kothekan, serta kesenian liong dan barongsai.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperinkop UKM) Kota Yogyakarta, Tri Karyadi Riyanto, yang mewakili penjabat Wali Kota, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, Bakpia Day adalah bentuk dukungan dan partisipasi aktif segenap masyarakat Ngampilan, dalam upaya melestarikan tradisi dan budaya.

"Selain itu, kegiatan Bakpia Day kiranya dapat menjadi sarana edukasi, pelestarian tradisi bagi generasi muda dan anak-anak, agar kearifan lokal nilai-nilai budaya Mataram Ngayogyakarta tetap lestari di masa mendatang," ujarnya.

Mantri Pamong Praja Ngampilan, Endah Dwi Dinyastuti, berharap ajang ini mampu semakin mengukuhkan keberadaan Ngampilan sebagai sentra bakpia di Kota Jogja. “UMKM atau pelaku bakpia juga semakin sejahtera,” ungkapnya.