Pelatihan Pembuatan Makanan Olahan Berbahan Tempe dan Telo Kelurahan Ngampilan

@ Kel. NG #110624. Pada hari Selasa 11 Juni 2024 bertempat di Aula Kelurahan Ngampilan diselenggarakan Pelatihan Pembuatan Makanan Olahan Berbahan Tempe dan Telo. Tempe dan telo merupakan makanan tradisional yang telah dikenal masyarakat luas di Indonesia. Pembuatannya merupakan hasil industri rakyat. Sejatinya peminat tempe dan telo sangat banyak dari berbagai kalangan yang ada, hal ini disebabkan karena makanan ini memiliki harga jual yang relatif rendah dengan kualitas yang cukup baik. Dalam sambutan pada acara tersebut Lurah Ngampilan Istikhomah, SE mengharapkan dan meminta peserta pelatihan untuk benar-benar bisa mengikuti dan nantinya mempraktekkan dalam keseharian pengolahan makanan berbahan telo tempe ini sehingga menjadi alternatif olahan bahan pangan yang atraktif dan menarik.

 

Untuk lebih meningkatkan citra dan harga jual produk tersebut dan bisa lebih diminati maka produk-produk berbahan baku tempe dan telo tersebut diolah dengan melakukan sedikit inovasi diantaranya menjadi bola-bola singkong isi coklat, coklat tempe, sempol singkong, sandwich tempe dan steak tempe singkong.

  

Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan hasil inovasi pengolahan telo tempe menjadi produk yang memiliki peluang untuk dipasarkan. Sasaran dari kegiatan ini adalah para ibu rumah tangga di kawasan Kampung Purwodiningratan. Harapan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan kreativitas para ibu rumah tangga dalam pengolahan bahan makanan yang nantinya dapat membuka peluang usaha, sehingga meningkatkan perekonomian secara mandiri.