PELATIHAN PEMBUATAN KOMPOS METODE BIOPORI KELURAHAN NGAMPILAN

Kel. Ngampilan @bisa. Pemerintah Kota Yogyakarta melalui 45 Kelurahan yang ada dengan sumber dana dari Dana Keistimewaan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Kompos melalu Pengolahan Sampah Organik Skala Rumah Tangga dengan metode Biopori Reguler. Pada kesempatan ini Kelurahan Ngampilan telah melaksanakan kegiatan tersebut di medio bulan Mei 2024 sampai dengan Juni 2024 di 12 titik lokasi yang telah disepakati dengan warga masyarakat khususnya warga RW yang ada di wilayah. Pada kesempatan ini Lurah Ngampilan ISTIKHOMAH, SE juga menghimbau pentingnya kolaborasi warga masyarakat dengan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam pengelolaan dan pengolahan sampah untuk mengatasi darurat sampah.


Strategi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dengan Pengolahan Sampah di HULU berbasis RT/RW dengan pengolahan sampah anorganik dilanjutkan dengan pengolahan sampah organik yang melibatkan warga salah satunya dengan melaksanakan pelatihan ini. Juga dengan Pengolahan Sampah di HILIR di mana Pemerintah Kota telah mempunyai roadmap yang jelas dengan menyiapkan pengolahan sampah di Depo Nitikan, Depo Kranon dan juga Depo Karangmiri dan juga upaya yang terus digalakkan untuk berkomunikasi dengan Pemerintah Desa Sitimulyo Piyungan Kabupaten Bantul agar bisa menyewa lahan untuk pengolahan dan pengelolaan sampah. Ujung dari semua usaha baik dari peran serta masyarakat dan Pemerintah Kota Yogyakarta adalah menuju KOTA YOGYAKARTA MERDEKA SAMPAH.

     

Pelatihan juga dimaksudkan agar setiap rumah tangga bisa menerapkan teknik pembuatan kompos di dalam kehidupan sehari-hari bisa mengurangi dan menekan volume sampah yang dibuang serta bisa menggunakan pupuk sampah organik bagi kesuburan tanah di lingkungan sekitar lokasi tinggal.