LOMBA KAMPUNG HIJAU TINGKAT RW KELURAHAN NGAMPILAN

Kelurahan Ngampilan @bisa. Program kampung hijau adalah program untuk melestarikan fungsi lingkungan sekitar supaya terjaga kelangsungannya. Dalam mewujudkan program kampung hijau ini Kelurahan Ngampilan melaksanakan Lomba Kampung Hijau Tingkat RW dimana peran masyarakat sangat dibutuhkan untuk tercapainya program/gerakan ini. Indikator Lomba Kampung Hijau yaitu keaktifan bank sampah, kelompok tani, penataan lokasi serta inovasi yang ada untuk menciptakan pengolahan limbah rumah tangga, kebersihan dan keteduhan, menciptakan ruang terbuka hijau semaksimal mungkin, dan meningkatkan kualitas sanitasi lingkungan.

Dalam Lomba Kampung Hijau Tingkat RW Kelurahan Ngampilan ini melibatkan yuri Sdri. Nur Fatimah, S.Tr.KL (Dinas Lingkungan Hidup  Kota Yogyakarta), Ibu Evy Kusmastuti (Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta) serta Bp. Zainal Mutakin dari Jejaring Pengelola Sampah Mandiri (JPSM) Propinsi DIY. Dari 13 RW yang ada Lomba Kampung Hijau Tingkat RW Kelurahan Ngampilan kali ini diikuti 12 RW. Setelah dilakukan penilaian dan verifikasi lapangan disepakati juara lomba Kampung Hijau Tingkat RW ini yaitu :

  1. Juara I RW 3 Kampung Ngampilan   
  2. Juara II RW 13 Kampung Ngadiwinatan
  3. Juara III RW 08 Kampung Purwodiningratan

Diharapkan untuk RW lain yang dalam kesempatan ini belum bisa mendapatkan hasil yang baik tidak patah semangat juga patah arang malah bisa menjadi cambuk dan penyemangat untuk mendapatkan hasil yang optimal di kesempatan lain. Seyogyanya penerapan program kampung hijau ini tidak hanya dirasakan pada aspek fisik lingkungannya saja, kondisi kesejahteraan dan kesehatan masyarakatnya juga akan meningkat, serta program ini akan semakin menimbulkan rasa peduli terhadap lingkungan sekitar dalam diri masyarakat.

Dengan menerapkan program kampung hijau ini diharapkan terjadi perubahan yang lebih baik dibandingkan dengan sebelum melaksanakan program ini terutama dari fungsi lingkungan yang menjadi lebih baik dibanding sebelumnya.

Kesadaran tiap-tiap individu menjadi kunci penting dalam melakukan upaya untuk menangani masalah lingkungan ini. Apabila masih banyak individu yang acuh dan merasa tidak perduli dengan lingkungan tempat tinggal mereka, maka mereka sendiri yang akan merasakan pengaruh buruk daripada lingkungan ketika lingkungannya tidak dijaga dan dirawat dengan baik.