PELATIHAN MEMBATIK TEKNIK ECOPRINT KELURAHAN NGAMPILAN

Kel. Ngampilan @bisa. Pada hari Sabtu 13 Juli 2024 bertempat di Aula Kelurahan Ngampilan diadakan Pelatihan Membatik Teknik Ecoprint yang diperuntukkan bagi anak-anak dan remaja. Pelatihan diikuti sebanyak 25 peserta dari 4 Kampung yang ada di Kelurahan Ngampilan. Tujuan dari pelatihan ini selain mengenalkan ketrampilan membatik dan mengasah serta mengolah otak kanan juga mengisi waktu liburan sekolah dengan kegiatan positif serta menjalin keakraban satu sama lain sehingga nantinya bisa terjalin komunikasi diantara mereka.

Secara umum, pengertian ecoprint adalah teknik cetak dengan pewarnaan kain alami yang cukup sederhana, tetapi bisa menghasilkan motif yang unik dan otentik. Prinsip pembuatannya adalah dengan menggunakan kontak langsung antara daun, bunga, batang maupun bagian tubuh tanaman lain yang mengandung pigmen warna dengan media kain. Dalam pelatihan ini diajarkan membuat ecoprint dengan teknik :

1. Teknik Pounding

Pounding printing adalah teknik pembuatan motif pada kain dengan cara dipukul. Proses pengerjaan kain dengan teknik ini bisa dibilang menjadi yang paling sederhana. Oleh karena itulah, banyak orang yang memilih menggunakan teknik pounding. Teknik pounding ini bisa dilakukan dengan cara meletakkan beberapa bunga atau daun di atas kain. Kemudian setelahnya bisa langsung dipukul menggunakan palu.

2. Teknik Steaming

Teknik steaming ini dilakukan dengan cara mengukus daun atau bunga pada lembaran kain yang sudah ditempeli ornamen tumbuhan tersebut. Umumnya, orang-orang akan menggunakan sepotong pipa kecil untuk menggulung kain agar desain yang dibuat tidak hilang. Baru setelahnya dililitkan benang atau tali di sepanjang gulungan kain untuk menahan posisinya agar tidak terlepas. Proses steaming ini sendiri berlangsung selama dua jam agar pigmen pada tanaman bisa keluar secara maksimal.

Setelah melalui proses di atas terlihat hasil dari buah kesabaran dan kerja keras peserta di bantu dan di bimbing instruktur-instruktur yang sudah berpengalaman. Diharapkan pengalaman yang di dapat dari pelatihan ini bisa meningkatkan rasa percaya serta pembuktian diri bahwa mereka mampu untuk berkarya dalam hal positif.